Agustina Fenny Ikasari

Perkenalkan saya Agustina Fenny Ikasari Guru kelas 4 Sekolah Dasar Salam kenal...

Selengkapnya
Asyik...Aku bisa Panen Madu

Asyik...Aku bisa Panen Madu

Saat ini, tentu pembelajaran berbeda dengan dahulu. Dulu, kita sering diberi ilmu oleh bapak ibu guru mudah sekali dicerna pemahamannya, tapi sekarang, walaupun hanya membaca akan sulit mencerna. Oleh karena itu guru dituntut kreatif, inovatif dalam mempersiapkan pembelajaran yang menyenangkan. Salahsatunya dengan belajar dari lingkungan.

Ketika membahas mengenai indahnya keragaman, saya mengajak anak didik saya untuk studi wisata. Belajar langsung sekaligus bermain. Saya mengenalkan indahnya lebah serta manfaatnya sampai sering disebutkan di kitab suci Al Qur'an. Saya ingin melihatkan kepada anak didik bahwa Indonesia memiliki keindahan alam yang tidak ternilai.

Anak anak sangat antusias, demikian juga dengan wali murid. Kami berangkat naik bus disambut dengan pelangi di langit. Moment yang tidak ternilai. Saya ajak murid saya mengamati fenomena tersebut kemudian dihubungkan dengan sifat sifat cahaya. Walaupun materi itu sudah berlalu, tidak ada kata terlambat. Yang dulu lupa jadi ingat kembali.

Sesampai di lokasi, kita menuju ke tempat lebah. Waaa.... Ternyata banyak sekali lebahnya bu... Kata salahsatu murid saya. Saya tersenyum sambil berkata :"ayo..kita belajar sama - sama".

Mereka mendapat infomasi langsung dari peternak lebah mengenai jenis lebah, fungsi serta cara memanen madu yang dihasilkan oleh lebah. Itu semua jarang ada di buku.

Ketika mengamati lebah, saya meminta anak didik saya untuk lebih teliti mengamati sarang lebah. Waaooo... Itu bangun segi banyak ya bu. Betul ungkap saya sambil tersenyum.

Salahsatu murid saya paling berani.. Maju untuk mengambil larva lebah. Katanya grogi takut larvanya mati kalau ngambilnya secara kasar. Tapi senang..ujar nya.

Alhamdulillah siswa siswi antusias. Diakhir perjalanan,saya mengajak mereka dengan sedikit berolahraga. Berenang.

Bahagia rasanya hati mereka. Mendapat ilmu baru juga bermain dan berenang.

Sepulang dari studi wisata,mereka tidak lupa membuat laporan kegiatan. Laporan kali ini dalam bentuk buku. Ah rupanya mereka menjawab tantangan saya. Mereka bisa menulis buku dengan tema lebah yang sangat bagus. Bertepatan dengan datangnya kiriman hadiah dari Pak Omank.

Bluru Kidul Sda

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali